AnalisaUsaha.Org

Peluang Bisnis Usaha , Modal dan Cara Memulainya

Menu

[Analisa Usaha] Bisnis Budidaya Udang Galah Di Kolam Air Tawar Yang Menjanjikan

October 18, 2016 | Bisnis Pertanian & Peternakan

Udang galah atau dalam bahasa latinnya disebut Macrobrachium rosenbergii de man merupakan komoditas perikanan air tawar dan menjadi salah satu kekayaan alam Negara Indonesia. Jenis udang air tawar yang sering disebut udang galah ini memang mempunyai potensi cukup besar sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat. Udang galah merupakan salah satu jenis udang air tawar yang saat ini menjadi primadona pembudidaya udang. Ya, pasalnya jenis udang yang satu ini selain harga jualnya yang mahal, proses pembudidayaannya terbilang lumayan mudah dibanding dengan jenis-jenis udang dan ikan lainnya.

Selain udang galah memiliki ukuran terbesar jika dibandingkan dengan jenis udang air tawar lainnya, udang jenis ini juga memiliki nilai ekonomis penting karena udang jenis ini juga banyak diminati baik oleh para konsumen lokal sampai dengan mancanegara. Saat ini tercatat bahwa permintaan pasar dunia akan udang galah asli Indonesia menunjukkan peningkatan yang drastis. Diprediksi masa depan dari usaha budidaya udang galah akan semakin cemerlang di masa mendatang.

Berikut hal hal yang perlu diperhatikan untuk Bisnis Budidaya Udang Galah Di Kolam Air Tawar

1. Konsumen Udang Galah

Semua orang dijagad raya ini selain memerlukan asupan protein nabati, juga memerlukan asupan protein hewani yang memadai untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya, udang galah menjadi salah satu sumber protein hewani yang banyak digemari oleh para konsumen. Namun harga udang galah memang cukup tinggi, sehingga membuat jenis udang yang memiliki rasa gurih dan manis ini banyak dikonsumsi oleh kalangan masyarakat mengengah ke atas. Nah hal ini tentunya menjadi sangat prospek bagi anda untuk menggeluti usaha bisnis udang galah.

2. Memulai Bisnis Budidaya Udang Galah Di Kolam Air Tawar

Analisa Usaha Bisnis Budidaya Udang Galah Di Kolam Terpal Air Tawar Yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Galah dapat dilakukan di kolam maupun di tambak. Sekarang ini budidaya udang galah sudah semakin meluas ke berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan juga Bali. Untuk menunjang keberhasilan kegiatan atau usaha budidaya, maka petani membutuhkan teknologi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan juga skala usaha yang dimiliki oleh petani.

3. Cara Budidaya Udang Galah Di Kolam Air Tawa
• Lokasi Budidaya
Udang galah merupakan salah satu binatang yang bisa hidup dengan baik di wilayah yang memiliki ketinggian nol sampai 700 meter di atas permukaan air laut. Selain itu udang galah juga dapat hidup dengan baik di air jernih yang bebas polusi dan pencemaran.
Budidaya udang galah sebaiknya dilakukan di daerah yang bebas dari banjir. Debit air yang dianjurkan untuk budidaya udang galah adalah 0,5 sampai 1 liter per detik untuk kolam dengan luas 300 hingga 1.000 meter persegi.
• Peralatan Yang Dibutuhkan
Sama seperti budidaya hewan air yang lain, budidaya udang galah juga membutuhkan beberapa alat seperti wadah pengangkut benih, serok, jaring, ember, seser, timbangan, sampai dengan ayakan ikan.
• Pengelolaan Air
Untuk melakukan budidaya udang galah sebaiknya menggunakan air yang mengalir dengan sirkulasi udara yang baik. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas air agar tetap terjaga dengan baik. Air yang baik untuk budidaya udang galah adalah air yang memiliki tingkat keasaman 6,5 sampai dengan 8,5.
• Perawatan
Perawatan yang bisa dilakukan dalam budidaya udang galah adalah mencegah hama pengganggu. Hama yang biasa menyerang udang galah adalah hama yang bersifat predator atau kompetitor. Hama udang galah ini biasanya berupa ikan liar yang tak sengaja masuk ke dalam kolam. Untuk menanggulanginya dengan cara menyaringnya.
Selain itu udang galah juga rawan terkena penyakit udang berlumut. Hal tersebut biasanya disebabkan karena sirkulasi udara kurang baik. Solusinya adalah dengan memperbaiki kualitas air tempat budidaya. Perawatan lainnya bisa dilakukan dengan cara pemberian makan secara teratur dan penambahan vitamin agar udang dapat tumbuh sehat dan subur.
• Pemanenan
Panen udang galah biasa dilakukan setelah 4 atau 6 bulan pasca bibit ditebar ke kolam. Panen juga dipengaruhi dengan jenis udang dan perlakuan saat budidaya udang. Selain itu panen udang galah juga disesuaikan dengan permintaan pasar. Biasanya pasar membutuhkan banyak udang galah dengan berat 20 sampai 25 gram per ekor.

4. Analisa Keuntungan Bisnis Budidaya Udang Galah Di Kolam Air Tawar
Usaha udang galah memiliki peluang dan potensi prospek yang sangat cerah, karena jika dibandingkan dengan budidaya jenis ikan air tawar lainnya, udang galah memiliki harga yang sangat bagus dan cukup tinggi. Selain itu, untuk jenis udang ini juga jauh lebih banyak diekspor ke luar negeri seperti Jepang dan beberapa negara yang ada di benua Eropa. Rasanya yang gurih dan manis juga menjadi keunggulan bagi udang galah sehingga memiliki banyak penggemar.

5. Analisa Hambatan Bisnis Budidaya Udang Galah Di Kolam Air Tawar

Demi terpenuhinya kebutuhan pasar, tentunya dibutuhkan cara yang tepat sehingga budidaya udang galah akan menghasilkan produk yang melimpah dalam skala besar dan dengan waktu yang terukur. Namun, setiap usaha apapun yang ingin dijalankan tentunya akan ada hambatan yang nantinya harus dihadapi. Beberapa hambatan atau kendala yang sering dihadapi oleh petani udang galah diantaranya sebagai berikut :
• Ketersediaan benur (benih udang galah) sering tidak berkelanjutan.
• Perawatan yang kurang baik serta kualitas air yang jelek bisa menyebabkan benih-benih udang galah banyak yang mati.

6. Strategi Pemasaran Udang Galah
Untuk memasarkan udang galah, sebaiknya anda menjalin kerjasama dengan pelaku bisnis makanan kuliner yang menjual menu udang galah, seperti bisnis katering, warung makan atau restoran seafood dan lain sebagainya. Selain itu hasil panen budidaya udang galah, biasanya juga diambil oleh para pedagang ikan di pasar. Mereka lebih senang membeli udang galah langsung dari petani, karena harga belinya pasti lebih murah.

Promosi dari mulut ke mulut juga perlu anda lakukan, cara ini merupakan salah satu cara yang dirasa sangat efektif bagi pemasaran bisnis udang galah. Karena kebanyakan dari konsumen yang mengetahui lokasi budidaya udang galah, mendapatkan informasi tersebut dari teman maupun kerabat dekatnya. Strategi pemasaran selanjutnya yaitu dengan memasang plakat nama serta informasi mengenai keberadaan lokasi budidaya tersebut, sehingga orang-orang yang melewati lokasi tersebut bisa mengetahui usaha budidaya yang Anda jalankan.

7. Kunci Sukses Bisnis Budidaya Udang Galah Di Kolam Air Tawar
Jagalah dengan baik kualitas hasil budidaya udang galah dengan selalu memperhatikan bagaimana cara merawat udang galah dan kolamnya dengan benar. Lakukan perawatan secara rutin seperti pembersihan kolam, selalu memeriksa kondisi air serta mengatur populasi udang. Dengan demikian, maka resiko untuk kegagalan panen dapat ditekan. Dan hasilnya budidaya udang galah pun cuku

Peluang Usaha Selain : [Analisa Usaha] Bisnis Budidaya Udang Galah Di Kolam Air Tawar Yang Menjanjikan

budidaya udang galah aquarium, budidaya udang galah di aquarium, budidaya udang galah di bali, budidaya udang galah di jawa timur, budidaya udang galah di rumah, budidaya udang galah di yogyakarta, budidaya udang galah dikolam beton, budidaya udang galah pdf, budidaya udang galah secara intensif, budidaya udang galah di aquarium , keungulan udang galah di bpk , modal yang di butuhkan untuk budidaya udang galah , penghasilan udang galah secara rincih , ternak udang galah dalam aquarium , ternak udang galah di rumah